Lima Makanan yang Memberikan Energi

Havermut
Jika Anda kekurangan energi, lemas atau sulit berkonsentrasi, Anda mungkin kekurangan vitamin B jenis tertentu. Vitamin B tidak hanya membantu menjaga agar fungsi otak bekerja baik, tapi juga membantu tubuh mengolah karbohidrat menjadi glukosa untuk energi tubuh. Untuk mendapat asupan vitamin B yang bagus, cobalah padukan havermut dalam menu makan pagi Anda dengan semangkuk bubur atau cracker.

Havermut tidak hanya mengandung banyak vitamin B, tapi juga kaya akan nutrisi lainnya seperti kalsium, magnesuim, selenium dan mangan. Dan lebih hebatnya, havermut adalah makanan yang rendah karbohidrat, yang berarti havermut membantu gula darah Anda tetap stabil dan melepas energi secara perlahan.

Cokelat
Di antara banyak manfaat kesehatan cokelat yang diberitakan (termasuk menurunkan risiko serangan jantung, mencegah keriput dan mencerahkan suasana hati), makanan yang sangat populer ini memberikan banyak energi kepada Anda. Cokelat memiliki senyawa kimia yang baik untuk  meningkatkan energi termasuk teobromina (stimulan yang terdapat dalam minuman energi populer) dan kafein.

Selain itu, cokelat mengandum banyak magnesium dan kromium, yang berperan penting dalam menghasilkan energi. Untuk meningkatkan energi Anda dan juga menjaga kesehatan Anda, cobalah cokelat hitam terbaru,  yang mengandung sedikit lemak jenuh dan antioksidan yang lebih tinggi daripada susu atau jenis susu putih lainnya.

Buah-buahan
Dehidrasi bisa menjadi penyebab utama rendahnya tingkat energi, jadi jika merasa energi Anda menurun sepanjang hari, cobalah tingkatkan konsumsi cairan dan makanan yang mengandung banyak air. Meskipun semua makanan mengandung air, buah memiliki proporsi tertinggi, dengan beberapa opsi yang baik cobalah mengonsumsi semangka, blewah, dan berry.

Selain mengandung banyak cairan, buah juga mengandung gula alami untuk meningkatkan energi Anda. Tidak hanya itu, buah mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk meningkatkan energi termasuk vitamin C (berry, kiwi, dan jeruk), dan vitamin B (pisang dan avokad).

Teh hijau
Mengonsumsi teh hijau tidak hanya baik untuk menjaga cairan tubuh, tapi juga menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, sehingga mencegah pelepasan energi yang menyebabkan kelelahan. Teh hijau secara umum juga mengandung kafein yang bisa membantu meningkat energi.

Bagi Anda yang mengalami kekurangan energi sebelum dan saat berolahraga, sebuah penelitian di Jepang membuktikan  bahwa teh hijau dapat meningkatkan ketahanan Anda saat berolahraga hingga 24 persen.

Beetroot
Beetroot (sejenis umbi-umbian dengan bagian dalam bewarna merah tua) tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan, tapi juga memberikan sumber energi yang tahan lama. Pertama, beetroot memiliki kandungan gula yang tinggi yang membantu meningkatkan energi secara instan. Beetroot juga mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan energi seperti magnesium, vitamin C, zat besi, dan nitrat.

Selain memberikan energi instan yang baik, beetroot juga memberikan hasil yang tahan lama. Para peneliti di University of Exter membuktikan dalam sebuah penelitian tentang manfaat jus beetroot untuk kemampuan berolahraga, bahwa jus tersebut membantu meningkatkan stamina dan memungkinkan kita 16 persen lebih lama berolahraga.

Tentang razamkingdom

Rajin, Terampil, dan Gembira
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s